Minggu, 30 Desember 2018

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 0 sampai 12 Bulan

Selama masa kehamilan, tumbuh kembang janin tentunya sudah bisa dirasakan seorang ibu. Namun, tak hanya selama masa kehamilan saja, setelah lahirpun bayi juga mengalami tumbuh kembang. tumbuh kembang bayi yang pesat bisa Anda lihat di usia 0 sampai 12 bulan. Berikut tahapan pertembangan bayi di usia tersebut!


1. 1 Bulan
Untuk usia satu bulan, biasanya bayi sudah bisa menggerakkan kepala dari sisi yang satu ke sisi lain terutama bila ditengkurapkan. Tangan mungilnya juga sudah bisa menggenggam dengan erat seperti menggenggap tangan ibu dan matanya juga sudah bisa mengikuti gerakan yang dilihat.

2. 2 Bulan
Di usia dua bulan, bayi biasanya sudah bisa menahan kepala dan lehernya saat ditelungkupkan meski hanya sebentar. Tangannya juga sudah bisa menutup dan membuka dan sesekali ia akan memukul-mukul kecil dan memainkan jarinya. Dia juga sudah bisa merespon dengan senyuman.

3. 3 Bulan
Lanjut ke usia 3 bulan, si kecil sudah bisa tegak kepalanya ketika digendong dan dia juga sudah bisa bergumam dan memekik. Bahkan, dia juga sudah bisa menirukan ibunya saat menjulurkan lidah. Ia juga sudah bisa tertawa di usia ini.

4. 4 Bulan
Ketika ditelungkupkan, bayi sudah bisa mendorong badannya ke atas menggunakan tangan dan mulai duduk bertumpu dengan lengan di usia ini. Tangannya juga sudah bisa meraih objek di sekitar dan matanya makin awas mengawasi sekitar.

5. 5 Bulan
Untuk tumbuh kembang bayi usia 5 bulan, si kecil sudah bisa berguling ke satu sisi dan mereka juga sudah bisa memindahkan barang yang dikepal dengan tangan satu ke tangan yang lainnya. Di usia ini dia juga sudah bisa bermain liurnya sendiri dan belajar meniup. Penglihatannya juga sudah jelas dan biasanya ia akan menangis ketika ditinggalkan.

6. 6 Bulan
Lanjut ke usia 6 bulan, di usia ini bayi sudah bisa berguling ke kanan kiri dan ia juga sudah bisa mengenali wajah orang di sekitarnya dengan baik. Selain itu, di usia ini si kecil sudah pandai berceloteh dan ia juga sudah bisa ngemil.

7. 7 Bulan
Di usia 7 bulan, bayi sudah bisa bergerak bebas dan belajar merangkak. Tahapan perkembangan ini akan diikuti dengan duduk yang ditopang dan pada sebagian bayi malah tak perlu ditopang. Celotehannya juga sudah mulai jelas dan ia juga bisa merespon dengan ekspresi tertentu.

8. 8 Bulan
Di usia ini, bayi sudah bisa duduk tanpa bantuan dan ia juga bisa bertepuk tangan dan bermain cilukba. Saat dipanggil, ia juga akan mencari orang yang memanggilnya dan akan memberi respon. Kata-katanya juga makin akrab ketika diajak berbicara.

9. 9 Bulan
Di usia ini, bayi mulai merasa takut dengan orang yang tak dikenalinya. Ia juga sudah bisa memanjat dan gerakan merangkaknya sudah cepat. Keberadaan objek-objek tertentu juga sudah bisa ia rasakan dan ia juga akan berusaha mengambilnya.

10. 10 Bulan
Di usia ini, si kecil sudah mulai belajar berdiri sendiri. Si kecil juga sudah bisa mencoba permainan susun meskipun belum terlalu baik. Tangannya juga sudah bisa melambai dan mengisyaratkan bye.

11. 11 Bulan
Di usia ini, tangan si kecil sudah bisa menjelajah perabot di rumah. Jika Anda mengajaknya membaca, ia sudah bisa membolak-balikkan halamannya dan ia juga sudah bisa memanggil mama papa meskipun belum terlalu jelas.

12. 12 Bulan
Di usia ini, bayi sudah bisa berdiri sendiri dan dalam beberapa kasus, bayi sudah bisa berdiri tanpa dibantu dan berjalan. Ia juga semakin pintar dalam menirukan gaya dan gerakan yang dilihatnya. Ketika dipakaikan pakaian, ia juga akan merespon dengan baik.

Itulah tahapan tumbuh kembang bayi di usia 0 sampai 12 bulan. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, tentunya Anda harus memberikan makanan yang terbaik dan menjaganya sebaik mungkin. Anda ingin tahu berbagai tips tentang tumbuh kembang anak? Ikuti parentingclub.co.id saja!

Bagikan

Jangan lewatkan

Tahapan Tumbuh Kembang Bayi Usia 0 sampai 12 Bulan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.